Berhenti Berpikir Negatif Yuuk……

Sumber: noretz-area.blogspot.com dengan editing penyesuaian

Untuk sebagian besar dari kita, berpikir negatif mungkin sudah menjadi bagian dari diri. Hayoooo…ngaku….? Ketika hal-hal tidak sesuai rencana, kita dengan mudah merasa depresi dan tidak bisa melihat sisi baik dari kejadian tersebut.
Berpikiran negatif tidak membawa kemana-mana, kecuali membuat perasaan tambah buruk, yang lalu akan berakibat performa kita mengecewakan. Hal ini bisa menjadi lingkaran yang tidak berujung.
Jessica Padykula menyarankan sembilan teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif adalah sebagai berikut:

1. Hidup di saat ini
Terlalu mengenang masa lalu dan mengkhawatirkan apa yang akan terjadi nanti hanyalah menguras energi kita. Coba mulai saja dengan saat sekarang, mulai sekarang n kerjakan saat ini juga.

2. Katakan hal positif pada diri sendiri
Katakan pada diri kita bahwa kita bisa. Ucapkan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu kita harus mengambil keputusan sulit ataupun kita tidak mempercayai apa yang telah kita katakan pada diri sendiri.

3. Percaya pada kekuatan pikiran positif
Jika kita berpikir positif, Insya Allah hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika kita berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir kita, namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa kita petik.

4. Jangan berdiam diri
Telusuri apa yang membuat kita berpikiran negatif, perbaiki, dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi kita, juga membuat kita merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut, dan kembali maju.

5. Fokus pada hal-hal positif
Ketika kita sedang sedang berpikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut.

Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti ‘hari ini cerah’ atau ‘Alhamdulillah prospekku mau angkat telponku’, “Prospek mau accepted friend request di fb”. Selama kita tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif kita menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika kita mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut.

6. Bergeraklah
Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan kita menjadi lebih baik. Apakah itu sekadar berjalan dari pintu depan ke dapur, atau naik turun tangga di kantor, aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik. Ketika kita merasa down, aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat kita merasa lebih baik.

7. Hadapi rasa takutmu
Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri kita. Ini alami kok….:) Jika kita takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita.

8. Coba hal-hal baru
Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan ya pada kehidupan kita membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Jauhi pikiran ‘ya,…. tapi…..’. Pengalaman baru, kecil atau besar, membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna.

9. Ubah cara pandang
Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan. Sesudah kesulitan ada kemudahan pastinya.

Siap berhenti berpikir negatif? Yuuk kita biasakan berpikir positif dalam menjalankan bisnis ini yaaa….:)

Ikuti/suka/bagikan
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
SHARE
LinkedIn
Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *