Ikhlas Memaafkan

Ikhlas memaafkan kesalahan orang lain adalah suatu perbuatan yang tidak mudah, apalagi jika kesalahan yang dibuatnya adalah suatu kesengajaan untuk menyakiti hati kita.

Tapi percayalah keikhlasan kita memaafkan orang yang berbuat salah pada kita akan membuat kita lebih tenang dalam menjalani kehidupan ini.

Jika kita selalu ikhlas memaafkan kesalahan orang lain, kita akan selalu menemukan kemudahan, paling tidak untuk ketenangan batin kita, agar tidak selalu diselimuti oleh dendam.

Sadarilah bahwa amarah, benci dan dendam akan mengaburkan ketajaman penilaian kita tentang seseorang atau suatu hal yang sangat penting bagi kita sendiri  dan orang lain yang kita sayangi.

Jika kita belum bisa memaafkan seseorang, cara yang paling mudah adalah tidak mengingat orang atau kejadian yang membuat kita marah. Begitu perasaan marah, benci dan dendam itu muncul, pikirkanlah hal-hal yang lain.

Atau anggaplah orang yang masih kita benci itu tidak pernah ada di dunia ini. Dan yang paling penting adalah kekuatan doa dan kesabaran. Keduanya adalah kunci dari keikhlasan untuk memaafkan setiap kesalahan.

(Ditulis oleh seorang sahabat di Semarang, 1sty, email: isty.big@gmail.com)

Ikuti/suka/bagikan
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
SHARE
LinkedIn
Instagram

One thought on “Ikhlas Memaafkan”

  1. Subhanalloh…
    Saya menyukai tulisan anda, di saat kondisi saya terpuruk seperti sekarang begitu berat rasanya untuk bisa memaapkan kesalahan orang lain, apalagi org itu org yg kita sayangi..’

    Insya Alloh bisa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *