10.000 Jam Kita

Terdampar di blog Merry Riana, pebisnis yang sukses di usia muda, dan membaca salah satu postingnya yang berjudul “The Rule of 10,000 hours”, menggelitik saya untuk menulis dan mengaca diri.

“The Rule of 10,000 hours” atau aturan 10.000 jam ini diulas di buku Malcolm Gladwell, yang mengatakan bahwa “Cara terbaik untuk menjadi bintang internasional adalah menghabiskan 10.000 jam untuk mengasah ketrampilan/ keahlian Anda”.

Ternyata…aturan 10.000 jam ini berlaku hampir di mana-mana lhooo… Kalau di kita sepertinya enak deh kalau diterjemahkan menjadi jam terbang 10.000 jam. Hampir semua orang sukses kalau kita hitung dan perkirakan jam terbangnya atau lama dia menekuni bidang dan bisnisnya, rata-rata mendekati angka 10.000 jam ini.

Contoh:

1. Rebecca Adlington, 19 tahun,  perenang, meraih dua medali emas di Olimpiade Beijing, telah berlatih selama 8.840 jam sejak usia 12 tahun.

2. Maxim Vengerov, 34 tahun, salah satu pemain biola terbesar di dunia. Punya biola kecil di umur 4 tahun. Dia berlatih 7 jam sehari, pertunjukan pertamanya di usia lima tahun dan memenangkan hadiah pertama internasional di umur 15 tahun. Vengerov berkata: “Ibu saya pulang ke rumah jam 8 malam, memasak makan malam dan kemudian mengajar saya biola sampai jam empat pagi. Sebagai seorang bocah empat tahun itu penyiksaan. Tapi aku menjadi seorang pemain biola dalam waktu dua tahun.”

3. 10.000 Jam Merry Riana
Ketika Merry Riana memulai karirnya di penjualan, banyak orang meragukannya, karena dia sama sekali tidak memiliki ketrampilan penjualan dan komunikasi. Tapi dia bekerja ekstra keras. Modalnya adalah waktu dan tenaga.
Dia benar-benar berbicara kepada orang non-stop 14 jam sehari, 7 hari seminggu selama 1,5 tahun. Total 7.665 jam.
Dan benar, dia menjadi ahli dalam bidangnya. Di tahun dia mencapai 7.665 jamnya, dia berhasil memecahkan rekor industri dan tampil di majalah “Straits Times”. Usianya saat itu 26 tahun…waaaww…… Merry Riana telah membuktikan bahwa aturan 10.000 jam itu benar.

Lanjut ke hitung-hitungan jam terbang saya di bisnis ini yaaa….
Saya bergabung dan langsung action 1 Desember 2010, per hari rata-rata saya ngerjain bisnis 3-4 jam. Karena kadang-kadang masih gak bisa disiplin, anggap saja masih 3 jam per hari. Selama hampir 14 bulan ini jam terbang saya di d’BC network Oriflame = 3 jam x 30 hari x 14 bulan = 1.260 jam
Waaaw…masih sangat jauh yaa ternyata dari 10.000 jam.

Pantesan kalau saya masih betah nangkring di level Director, pantas pula kalau BP group jaringan naik turun. Lha saya memang belum pantas untuk punya 1,2,3,4 apalagi 6 Director alias Diamond…:)

Jadi..kalau berdasarkan teori jam terbang 10.000 jam ini, kalau saya mau cepet Gold Director, Sapphire Director seperti mbak Widya Puteri, atau bahkan jadi Diamond…( Insya Allaah..aamiin.), .maka saya harus nambah jam kerja saya di bisnis ini.
Semakin banyak saya tambahkan, semakin cepat waktunya. Tentunya “quality time”ya bukan sekedar waktu nongkrong di depan komputer aja. Hari Minggu yang biasanya free, bisa jadi saya selipkan 1-2 jam di malam hari menjelang Senin-nya.

Teori ini bagus untuk menghitung langkah kita di bisnis ini, karena ini terukur dengan jelas. Biasanya kan kita membandingkan si A kerjanya lebih keras dari si B misalnya, tapi tidak ada parameternya.

Naah saya sudah hitung dan contohkan 10.000 jam saya nih?
Bagaimana dengan 10.000 jam teman-teman?
Kita berhitung yuuuk…:) dan bandingkan dengan apa yang sudah kita capai.

Ikuti/suka/bagikan
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
SHARE
LinkedIn
Instagram

One thought on “10.000 Jam Kita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *