Daffa, Selalu Ada Harapan

Masih ingat Daffaa’ kan? Ini obrolan saya dan bunda Daffaa’ via SMS, 5 Mei lalu. Saya tuliskan di sini, seijin mbak Yuni, ibunda dari Daffaa’, dengan niat baik bisa berbagi buat sesama bunda yang anaknya terkena leukemia. Maaf nih kalau ada kesulitan membaca, karena bahasa SMS-nya tidak saya edit ulang.

Yuni (Y) : Mbak Amy, apa kabar?

Amy (A): Alhamdulillaah baik. Gimana kabar mbak, Daffa n keluarga?

Y:  Alhamdulillah mba, bru slesei kemo jmt mlm kmrn..
Skr mah alhamdulillah mba, ga terlalu drop.. Soalnya cm IT (Intrathecal), utk ngejar sel blast yg bandel di otak..
Bln kmrn serial seminggu 3x akhr bln di cek cairan otak msh positif kankerny :'(
Bln ini msh serial jg entah sampai kapan… Duuh doakan ya mba..

A: Saya belum paham soal leukemia.

Y: Leukemi itu sel darah putihnya mba yg jd kankernya disebutnya blast.. Nah dia ini bisa banget metastasis dari sumsum tlg blkng k cairan cerebrospinal.. Nah blast yg dafa metastasis k otak, itu yg bikin kejang, koma, ga bs liat sm gagal nafas wkt kmrn itu mba .. :(‘

A: Sudah berapa lama ya Daffa diketahui terkena leukemia, trus treatment-nya apa saja?

Y: Bru mw 2thn mba.. Wkt lwt setaun tuh udah bgs bgt dah ga kliatan sakit. Lg bgs2ny tiba2 kejang lg awal januari kmrn.. Sempet ganti regimen pengobatan lg mulai kemo dari awal.. Skr udah mulai membaik mba.. Tp mmg prognosisny bgt ktny klo leukemi mba..

Mstny bulan kmrn tu dpt radiasi 1800rad, 30x rad.. Tp kebentur biaya mba krn mst byr cash duluan 13jt.. Makany ganti sm kemo IT mba, mestinya serial rutin seminggu 3x.. Tp seringny mah 2x atau sekali mba karna kbentur biaya juga..

Operasi craniotomy karna pendarahan di otak 1x , bongkar pasang vp shunt 3x mba.. Mudah2an ga ada lg operasi kdepanny mba..

A: Ini masih di Bandung kah?

Y: Bru plg jumat mlm dr bdg mba, skr di rumah sukabumi
Insyaallah klo ada rejekinya kemo lg senin rabu jumat.. Doain ya mba…

A: Maaf ni mbak, biayanya berapa sekali kemo?

Y: Tergantung obtnya mba.. Tp klo It aja sktar 1.5jt.. Alhamdulillah klo obt yg mahal mah udah lewat.. Tp yaa lumayan juga mba klo seminggu 3x..

Dafa jg awalny gt ga bs bangun, muantah pusing tp karna pendarahan otak.. Kmrn januari smpt MRI karna dicurigai ada tumor jg tp alhamdulillah ga ada, tp berarti sel kanker yg di otak nya yg msh bnyk.. Wah sy jg tiap hari tu was was trus mba, tkt kecolongan ky kmrn..

Januari smpt MRI karna dicurigai ada tumor jg tp alhamdulillah ga ada, tp berarti sel kanker yg di otak nya yg msh bnyk.. Wah sy jg tiap hari tu was was trus mba, tkt kecolongan ky kmrn..

Sy jg sk inget kst mba, sk mikir akan gmn ya sy jika sudah tiba waktunya.

A: Mbak yang sabar ya.. Saya tau semua orang akan bilang begitu. Tapi saya pernah ada di posisi seperti Mbak. Saya tau rasanya…?

Y: Iah mba.. Pst ada hikmah besar dibalik smua ini, sy jg ga tau apa.. Tp apapun insya allah yg terbaik mnurut kehendakNYA..

Sy punya sahabat dekat berlima di RSHS, anak2 kt tu jadwalnya sama trus klo kemo malah kadang disama2in .. Ilham, Irham,zaky,bella .. Tp Allah lebih sayang anak2 itu mba.. Duh rasanya tu gmn ya mba.. Duh sy bs bayangin apa yg mba rasain

Wkt daffaa gagal nafas, lg di amblance  sm dokter, sy berdoa agar Allah mengembalikan anak sy mba, sy blg sy mw terima dy apa adany asal dy ‘hidup kembali’ .. Subhanallah daffaa tu nafas lg.. Allah mengembalikan dia mba.,tp dlm keadaan buta.. Duuh sedih bgt mba.. Dr st sy blajar bahwa Allah pst tw yg terbaik.. Dganti deh minta doa nya yg terbaik..

Yg bikin sy kuat itu dafa mba.. Wkt buta, sy sk sedih, sy tanya ‘aa gmn ya klo buta terus?’
Daffaa jawabnya ‘ ga apa2 mamah, aa msh bs jalan’
Ya Allah mba.. Dy aja msh mampu mensyukuri hidupnya smntara sy ko bnyk ngeluhny punya anak sakit..padahal diluar sn bnyk yg pengen punya anak ya mba malah susah..

Mba.. Bs bantu ga? Sy tu pengeen banget bikin buku utk panduan org tua gt.. Sy sk bingung cari info ttg penykt anak sy, biar orgtua lain jg terbantu.. Tp ga bs nulisnya mba, bingung gmn mulainya
Sy juga dah minta bantuan bu retno YOAI ttg bukunya.. Mudah2an segera terealisasi mba..
Oiah mba.. Yg pengen dtulis tu bkn ke leukeminya, pengen nya lbh k perasaan dan pengalaman aja, mis slama ini mikir klo kemo tu gmanaaa gtu, ketakutan ini itu, biaya, dll gtu

A: Iya mbak, moga2 keinginan mbak bikin buku dikasih jalan. Semoga Allah memberi kekuatan dan mukjizat buat Daffaa, mbak dan keluarga.

Y: Aamiin.

Dan.. saya pun akhirnya sulit memejamkan mata malam itu. Speechless..:(
Buat teman-teman yang ingin membantu mendoakan, ini nama lengkap Daffa: Daffaa’ Farras Sawsan bin Ruli Rusmana.

Ikuti/suka/bagikan
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
SHARE
LinkedIn
Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *